Kabut Asap Kembali Landa Sumatera dan Kalimantan

Remisya.org— Pada tahun ini, Indonesia mendapat kejadian yang membuat seluruh masyarakat Indonesia maupun luar ikut prihatin. Kejadiannya yaitu terjadi kabut asap yang tebal di beberapa wilayah Sumatera dan Kalimantan terutama Riau, dan Palembang. Banyak warga yang mengeluh karena sulitnya untuk mengendarai ataupun jalan. Posisi asap yang sangat tebal, warga di mohon untuk memakai masker dan berhati-hati sangat berkendara.

Asap yang terjadi pada akhir – akhir ini diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA) . Provinsi Riau sudah sering terjadi Karhutla ini, namun tahun ini terjadi lebih parah. Ada beberapa warga ya ng panik karena api dari lahan tersebut hampir mengenai rumahnya sehingga sibuk, mengam ankan barang-barangnya. Dampak dari kabut asap ini adalah banyak sekolah yang diliburkan akibat asap ini, dan banyak aktifitas yang tidak berjalan seperti biasanya, serta takutnya bisa terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Banyak korban akibat Karhutla ini seperti makhluk-makhluk hidup yang tinggal di hutan, dan manusia. Ada beberapa yang tewas akibat Karhutla ini sepert ular, serta orang utan yang tidak ada tempat tinggal kembali.

Beberapa wilayah yang terkena kabut asap melaksanakan shalat istisqa atau shalat meminta hujan. Supaya kabut asap yang tebal ini bisa berkurang dengan datangnya hujan. Seluruh masyarakat Indonesia ikut membantu mendoakan agar kabut asap tersebut dapat hilang.

“Ya Allah.. ya rahman.. kami memohon kepadamu, saudara kami yang di pulau Sumatera dan Kalimantan sedang mengalami kesulitan dan kami memohon untuk diberi kemudahan. Ya allah, tolong turunkan hujan di daerah yang terkena kabut asap agar mereka bisa menjalankan aktifitasnya seperti sedia kala.”

Serta dalam Q.S Al-Baqarah:286 “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya ….” 

Departemen Konten & Media Digital Remisya
IG : @remisyaofficial
Fb : Remisya
Youtube : Remisya Official
Website : http://remisya.org/
WAG : bit.ly/PusatInformasiRemisya

Leave a Reply

Your email address will not be published.