KEUTAMAAN – UTAMAAN PUASA SUNNAH SYABAN SEBELUM BULAN RAMADHAN TIBA

Remisya.org, Tangerang Selatan – Kurang lebih dari satu bulan lagi kita memasuki bulan Ramadhan, sebelum memasuki bulan Ramadhan kita mengenal dengan Namanya bulan Sya’ban. Di bulan Sya’ban ini adalah persiapan menjelang datangnya bulan Ramadhan. Ada aktivitas – aktivitas yang dilakukan pada bulan Sya’ban ini yaitu puasa sunnah.

Puasa di bulan Sya’ban ini banyak keutamaannya dan sangat dianjurkan untuk dijalankan, Rasullulah  ﷺ pun menyukai puasa sya’ban ini. Dalam Kitab Fiqih Nihayatul Zein yang diriwayatkan oleh Syeikh Nawawi al-Bantani mengatakan:

صوم شعبان لحبه صلى الله عليه وسلم صيامه فمن صامه نال شفاعته صل الله عليه وسلم يوم القيامة

“Puasa Sya’ban (disunnahkan) karena Rasulullah SAW menyukai puasa pada bulan itu. Siapa yang puasa Sya’ban, dia akan memperoleh syafaat Rasulullah SAW di hari akhirat kelak.”

Untuk ketentuannya, niat puasa Sya’ban seperti ini:


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnati Sya’bana lillaahi ta’ala

Artinya:
“Aku berniat puasa sunah pada bulan Sya’ban karena Allah ta’ala”

Waktu terbaik menjalankan puasa Sya’ban ini adalah kapan saja selama bulan Sya’ban terkecuali 2 hari sebelum memasuki Bulan Ramadhan, karena Rasullulah  ﷺ melarang 2 hari sebelum memasuki bulan Ramadan agar yang pertama tidak terjadi keraguan seolah – olah menyambungkan puasa Sya’ban dengan puasa Ramadhan dan tidak terjadi kelelahan dan kecapaian shaum sunah yang terlalu banyak memasuki bulan Ramadhan.

Sumber:

Leave a Reply

Your email address will not be published.