Destinasi Wisata Halal Di Jawa Tengah

Remisya.org, Tangerang Selatan – Siapa yang tidak tau Kota Demak? Kota dengan julukan Kota para wali ini merupakan sebuah kabupaten yang berada di pesisr utara Provinsi Jawa Tengah, ini yang mempunyai potensi wisata yang begitu beragam. Banyak sekali objek wisata di Demak yang patut anda kunjungi bersama keluarga maupun kerabat dekat.

Mulai dari wisata religi, wisata alam, hingga wisata air di Demak. Semuanya sangat menarik untuk dijelajahi lebih luas. Berikut lokasi wisata nya untuk Anda.

  • Masjid Agung Demak

Obyek wisata yang pertama adalah Masjid Agung Demak yang kental akan nilai sejarah. Masjid Agung Demak merupakan masjid peninggalan wali songo dan juga Sultan Fatah. Usia masjid ini pun sudah sangat tua yaitu sekitar 500 tahun.

Tidak hanya mempunyai cerita sejarah tentang pendirinya, dilihat dari bentuk bangunanya pun ternyata mempunyai filosofi yang mempunyai arti begitu menarik. Yaitu, bangunan masjid ini mempunyai 3 trap pada atap yang mempunyai arti islam, iman dan  ihsan.

  • Museum Masjid Agung Demak

Bagi Anda wisatawan muslim, selepas melaksanakan kewajiban sholat di masjid agung alangkah baiknya jika sekalian mengunjungi museum masjid agung yang berlokasi di sekitar kompleks masjid.

Museum tersebut berisi berbagai peninggalan sejarah di masa kewalian seperti pintu masjid yang pertama kali, beduk, berbagai macam kitab Islam yang di tulis langsung oleh wali dan juga gentong yang terbuat dari campa. Selain itu juga terdapat miniatur masjid sejak awal di bangun 500 tahun silam hingga sekarang.

  • Sentra Kaligrafi

Sesuai dengan julukannya sebagai kota wali, tidak heran jika di Demak banyak dijumpai para pengrajin kaligrafi. Para pengrajin ini menjual hasil kerajinan mereka di kios-kios sekitar Masjid Agung Demak, jadi Anda tidak perlu bingung jika ingin membeli.

Anda juga bisa melihat langsung proses pembuatan kaligrafi yang bertuliskan tulisan arab ini. Kaligrafi demak dikenal dengan kaligrafi yang berkualitas dan indah.

  • Sentra Batik Demak

Sama halnya Kota Solo, Demak juga mempunyai sentra kerajinan batik khas demak yang terinspirasi dari khasanan kearifan budaya lokal.

Banyak motif batik yang di produksi oleh para perajin di Kabupaten Demak ini. Salah satunya adalah motif Masjid Agung Demak yang paling banyak di buat.

  • Makam Sunan Kalijaga

Setelah selesai berkunjung ke Masjid Agung Demak dan Museum, mungkin Anda bisa melanjutkan berwisata religi dengan berziarah ke makam Sunan Kalijaga.

Sunan Kalijaga merupakan seorang wali yang menyebarkan Agama  Islam di nusantara dengan cara pendekatan melalui seni dan budaya di Indonesia. Mengingat pada jaman dahulu sangat kental sekali ikatan antara budaya dan perilaku.

Hal tersebut sangatlah  bijak karena jika tidak dengan cara demikian maka masyarakat jaman dahulu akan dengan sigap untuk menolak ajaran beliau.

  • Hutan Mangrove Morosari Sayung

Destinasi wisata berikutnya adalah wisata alam hutan Mangrove yang begitu indah dan menarik untuk di kunjungi. Jika Anda berkunjung ke lokasi tersebut, Anda akan disambut dengan rimbunnya hutan mangrove yang kece abis untuk dijadikan objek foto.

Di tempat ini Anda juga bisa menikmati sunset sembari menikmati asrinya berada di tengah-tengah hutan Mangrove. Kehadiran Bangau putih yang merupakan salah satu hewan penghuni di kawasan tersebut menciptakan suasa yang sangat nyaman.

  • Pantai Morosari

Selain mempunyai wisata alam Hutan Mangrove yang sangat menarik, di kawasan wisata tersebut juga terdapat pantai yang bisa Anda kunjungi. pantai ini masih tergolong pantai yang sepi dan jarang dikunjungi.

Pantai ini ramai hanya pada waktu tertentu saja, seperti pada waktu libur Hari Raya Idul Fitri. Karena pada saat itu di pantai Morosari diadakan lomba perahu dayung dan ritual sedekah laut. Tradisi ini disebut dengan sebutan Syawalan, dan tidak sedikit orang menyebut loman.

  • Agrowisata Jambu Merah Kelima dan Belimbing

Seperti halnya Kota Bogor yang mempunyai agrowisata yang indah, ternyata Demak juga tak mau kalah. Demak mempunyai argowisata jambu merah dan belimbing yang sayang jika Anda lewatkan ketika berkunjung ke kota wali ini.

Buah Belimbing juga menjadi wisata kuliner khas Demak yang sudah terkenal. untuk lokasi agrowisata sendiri berada dibeberapa desa dianataranya yaitu Desa Betokan, Mranak, Wonosari, Sidomulyo, dan Tempuran. 

Sumber : https://mytrip123.com/wisata-demak-terbaru/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *