Abu Hurairah – Penghafal Hadist Rasulullah SAW

Remisya.org, Tangerang Selatan – Tahukah siapa Abu Hurairah itu?

Abu Hurairah lahir pada 19 tahun sebelum HIjriah. Nama kecilnya sebelum memeluk islam tidak diketahui dengan jelas, tetapi pendapat yang mahsyur mengatakan Namanya adalah Abdusy Syams. Nama Islamnya yang diberikan oleh Rasul adalah Abdurrahman, ia berasal dari qabalah al-Dusi di Yaman.

Ia memeluk islam pada 7 Hijriah ketika Rasulullah berangkat menuju Khaibar. Saat itu, ibunya masih belum menerima Islam bahkan menghina Nabi Muhammad saw. Lalu, Abu Hurairah meminta Rasul berdoa agar ibunya masuk islam. Kemudian Abu Hurairah menemui ibunya kembali dan mengajak masuk islam. Ternyata, ibunya telah berubah dan bersedia mengucap dua kalimat syahadat.

Gelar Abu Hurairah adalah karena kegemarannya bermain dengan anak kucing. Suatu hari ketika Abu Hurairah bertemu Rasul ia ditanyai apa yang ada dalam lengan bajunya? Ia pun menunjukkan anak kucing yang ada dalam lengan bajunya, lantas Rasul pun menggelarinya dengan nama Abu Hurairah yang berarti Bapak Kucing. Dan sejak saaat itu, ia lebih dikenal dengan nama Abu Hurairah.

 Abu Hurairah menyadari bahwa dirinya termasuk orang yang masuk Islam belakangan, maka Ia bertekad unruk mengejar ketinggalannya dengan cara mengikuti Rasul terus-menerus. Kemudian, disadarinya pula bahwa ia memiliki bakat pemberian Allah swt. yaitu daya ingatannya yang kuat, serta semakin bertambah tajam dan luas dengan doa Rasul.

Marwan bin Hakam pernah menguji kemampuan hafalannya. Marwan memintanya untuk mengabarkan hadis-hadis Rasulullah saw. Sementara itu, tanpa sepengatahuan Abu Hurairah. Marwan menyuruh sekretarisnya menuliskan yang dikatakan Abu Hurairah dari balik dinding. Sesudah berlula satu tahun, dipanggilnya kembali Abu Hurairah dan dimintanya lagi membacakan hadis-hadis yang dulu telah ditulis sekretarisnya. Ternyata, tidak ada satu hadis pun yang terlupakan walau hanya sepatah kata pun.

Sejak menikah, Abu Hurairah membagi malamnya menjadi tiga bagian diantaranya untuk membaca Al-Qur’an untuk tidur dan keluarga, dan untuk mengulang-ulang hadis. Ia dan keluarganya tetap hidup sederhana walaupun telah menjadi orang berada. Sepanjang hidupnya, Abu Hurairah meninggalkan sebanyak 5374 hadis. Hadis Abu Hurairah yang disepakati Imam Al-Bukhari dan Muslim berjumlah 325 hadis. Al-Bukhari sendiri sebanyak 93 hadis dan Muslim 189 hadis.

Sumber : Buku “99 Tokoh Muslim Dunia for Kids oleh Salman Iskandar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *