Kegiatan Puasa Selama Di Rumah Aja

Salah satu kegiatan yang dapat mencegah penyebaran virus Covid-19 adalah dengan berdiam diri di rumah, apalagi dengan datangnya bulan ramadhan sebentar lagi. Sebisa mungkin melakukan self quarantine atau isolasi mandiri di rumah se produktif mungkin, tentunya tanpa mengesampingkan aktivitas ibadah juga, terutama pada bulan ramadhan.

Menjaga tubuh tetap dalam kondisi fit dan prima merupakan hal penting ketika melakukan self quarantine agar dapat melakukan aktivitas WFH (Work from home) dengan maksimal. Namun bukan berarti tidak ada waktu untuk membaca Al-Quran ataupun berdzikir selama dirumah di bulan ramadhan. Berikut beberapa tips agar puasa tetap lancar dan ibadah serta WFH dapat terpenuhi.

  • Olahraga

Olahraga di rumah tidak selalu membutuhkan alat-alat khusus yang harus dibeli dan kebanyakan harganya tidak murah. Melakukan olahraga ringan seperti berjalan juga dapat dilakukan di dalam rumah. Dimulai dengan berjalan-jalan santai mengelilingi rumah selama beberapa menit dapat membuat otot-otot di area kaki menjadi sehat, karena kebanyakan ketika berdiam diri dalam rumah membuat kebanyakan orang malas gerak dan membuat otot alat gerak menjadi lemah.

Melakukan work out ringan seperti push up, sit up, pull up dan yoga juga dapat merangsang otot tubuh kita menjadi sehat dan dapat dilakukan pada waktu senggang. Kenapa harus tetap berolah raga meskipun sedang melakukan self quarantine di rumah? Karena di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat. Jadi melakukan olahraga bukan serta merta hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, namun juga jiwa kita, sebagaimana terdapat dalam hadist, Dari Rifa’ah bin Rafi’ berkata, “Abu Bakar Ash-Shiddiq berdiri di atas mimbar lalu menangis. Kemudian ia berkata: ‘Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada tahun pertama hijrah berdiri di atas mimbar, lalu menangis, dan bersabda:

اسْأَلُوا اللَّهَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فَإِنَّ أَحَدًا لَمْ يُعْطَ بَعْدَ الْيَقِينِ خَيْرًا مِنْ الْعَافِيَةِ

“Hendaklah kalian memohon kepada Allah ampunan dan keselamatan/kesehatan. Setelah dikaruniai keyakinan (iman), sesungguhnya seorang hamba tidak diberi karunia yang lebih baik daripada keselamatan/kesehatan.”

Yang dimaksud dengan [الْعَافِيَةِ] “afiyah” adalah keselamatan dunia-akhirat, keselamatan dunia yaitu selamat dari penyakit dengan kata lain adalah kesehatan.

  • Beribadah Dari Rumah

Ditengah pandemi virus Covid-19 seperti sekarang ini, Presiden dan MUI menginstruksikan kepada semua umay beragama, khususnya umat Islam agar melakukan kegiatan ibadah di rumah. Mulai dari sholat jumat, sholat fardhu, pengajian dan lainnya semua dilakukan dari rumah. Untuk sebagian orang mungkin akan belum terbiasa dengan peraturan baru ini karena mereka mungkin sudah terbiasa untuk melakukan ibadah di masjid. Namun dengan situasi sekarang, tidak menjadi alasan untuk tidak melakukan kegiatan ibadah di rumah.

Sudah banyak Majelis Taklim yang dilakukan secara nirkabel dengan menggunakap berbagai platform aplikasi yang memungkinkan untuk dapat mendengar kajian dari Ustad ataupun Ustadzah tanpa harus berkumpul di masjid, guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Selama Bulan Ramadhan, frekuensi ibadah harus ditingkatkan dan setiap individu biasanya mempunyai target masing-masing, contohnya satu hari membaca Al-Quran 1 juz agar dapat khatam ketika bulan ramadhan berakhir, atau dengan melakukan kegiatan sosial membagikan takjil untuk berbuka puasa kepada orang yang membutuhkan. Selain beribadah, kita juga harus menjaga hati dan lisan agar maksimal ibadah puasa kita. Selain menjaga kualitas iman, kita juga harus menjaga fisik kita selama puasa. Berikut adalah tips untuk menjaga fisik selama melakukan kegiatan puasa

Makan makanan sehat dan bergizi, Hindari makan gorengan asin ataupun makanan yang terlalu manis, Memperbanyak asupan air mineral, Pastikan tidak melewati waktu sahur, Jangan makan berlebihan ketika berbuka puasa, Menjaga pola tidur, Melakukan olahraga, dan Konsultasi ke dokter apabila ada penyakit yang membutuhkan penanganan khusus selama menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan.

  • WFH (Work From Home)

Slogan WFH dan #stayathome ataupun #dirumahaja cukup populer di semua kalangan semenjak adanya pandemi Covid-19 ini. Bekerja pada bulan ramadhan maupun bulan biasa tidak jauh berbeda, hanya saja sekarang kita tidak bisa meminum kopi pagi kala melakukan conference meeting, ataupun merokok di sela-sela waktu senggang. Agar dapat leluasa melakuka aktivitas WFH ini, pastikan semua peralatan yang akan digunakan dalam kondisi yang baik, contohnya koneksi internet, komputer, dan juga menjaga fisik tentunya tidak luput dari hal yang harus diperhatikan. Dalam islam bekerja pun dapat dikategorikan sebagai ibadah karena kita mencari nafkah untuk dapat memenuhu kebutuhan keluarga yang layak, sebagaimana tercantum di hadist riwayat Ath-Thabrani,

مَنْ اَمْسَى كَالًّا مِنْ عَمَلِ يَدَيْهِ اَمْسَى مَغْفُوْرًا لَهُ

“Barangsiapa yang di waktu sore merasa capek (lelah) lantaran pekerjaan kedua tangannya (mencari nafkah) maka di saat itu diampuni dosa baginya.” (HR. Thabrani)

  • Melakukan Hobby

Sebisa mungkin untuk tidak melakukan yang menjurus kepada maksiat, contohnya menonton film yang mengandung konten yang kurang senonoh ataupun lainnya, sebagaimana sabda Rasulullah saw, ”Telah dijadikan shalat sebagai kesukaanku.” (HR. An Nasai). Dari hadist tersebut, dapat disimpulkan bahwa perbuatan yang dihalalkan secara tegas oleh syariat tentulah dianjurkan bahkan diwajibkan untuk disenangi, dijadikan hobi untuk dilakukan sebagai wujud kecintaannya kepada Allah dan Rasul-Nya, seperti : hobi membaca Al Qur’an setiap hari, hobi membaca buku-buku agama atau buku-buku lainnya yang bermanfaat, mengerjakan shalat atau yang sejenisnya.

Mengisi waktu selama berada di rumah merupakan hal yang dapat membuat kita tetap merasa tidak bosan dan jauh dari bermalas-malasan. Contoh dari ini adalah membaca buku, menonton film favorit, memasak,  bermain alat musik, dan masih banyak lagi. Namun dibalik aktifitas yang kita gemari itu, kita juga harus merujuk kepada hadis dan aturan islam, jangan sampai apa yang kita lakukan justru menimbulkan dosa.

Nah, itu tadi adalah beberapa kegiatan atau aktifitas yang dapat dilakukan selama berada di rumah pada bulan ramadhan, dan tentunya masih dalam koridor yang diperbolehkan oleh Islam. Semoga sedikit tips ini dapat membantu mengisi waktu sekaligus meraih berkah dan pahala selama bulan ramadhan ini.

Sumber/referensi: https://www.harianhaluan.com/mobile/detailberita/91094/aktivitas-yang-bisa-dilakukan-selama-di-rumah-saja https://muslimafiyah.com/olahraga-juga-bisa-jadi-ibadah.html http:// https://www.sehatq.com/artikel/tips-mempersiapkan-puasa-ramadan-hari-pertama http:// https://m.eramuslim.com/ustadz-menjawab/batasan-tentang-hobi.htm

Leave a Reply

Your email address will not be published.