Keutamaan Sahur

Puasa adalah salah satu amal ibadah mulia yang dapat dikerjakan oleh setiap umat islam. Dengan berpuasa, tentu kita akan mendapatkan banyak sekali keutamaan serta manfaat yang luar biasa, salah satunya ialah pahala dari Allah SWT. Di dalamnya terdapat keutamaan sahur dan dalilnya yang belum banyak orang tahu mengenai manfaatnya untuk tubuh dan mendapat berkah jika melakukannya.

http://republika.co.id

Dari sahabat Anas Bin Malik RA, beliau berkata, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam makanan sahur terdapat barakah”. (HR. Muttafaqun ‘alaih).

Dari hadits tersebut tentunya kita meyakini adanya keberkahan dari sahur. Dan keberkahan yang dimaksud, tidak lain membantu kekuatan kita dalam berpuasa, juga menguatkan motivasi kita dalam beribadah dan juga ada pahala karena mengikuti sunnah Nabi SAW.

Sesungguhnya sahur itu memiliki tiga makna yang berkaitan satu dengan yang lainnya dan ketiga-tiganya mengandung kebaikan dan keberkahan.

Pertama, sahur dalam pengertian makan dan makanan yang disajikan waktu sahur karena akan melaksanakan ibadah puasa pada siang harinya, sebagaimana dikemukakan dalam hadits tersebut di atas.

Juga hadits riwayat Imam Nasai dari Miqdam bin Ma’di Kariba, Rasulullah saw bersabda: “Hendaknya kalian makan sahur, karena sesunguhnya hal ini adalah hidangan yang penuh dengan keberkahan.”

http://manado.tribunnews.com

Kedua, sahur dalam pengertian waktu yang sangat berharga dan bernilai tinggi dalam pandangan Allah dan Rasul-Nya. Waktu mustajab terhadap setiap doa dan permohonan serta istighfar yang diucapkan dengan lisan yang keluar dari sanubari yang dalam, penuh dengan penghayatan.

Waktu sahur adalah waktu turunnya rahmat, cinta, kasih sayang, dan ampunan dari Allah SWT. Langit pun terbuka, tidak ada hijab atau penghalang antara hamba yang berdoa dan merintih dengan Allah SWT, Dzat yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Mendengar.

Bahkan juga pada waktu sahur sangat dianjurkan melaksanakan shalat tahajjud, mengikuti sunnah Rasul dan mengikuti tradisi salafus salih.

Ketiga, sahur dalam pengertian amal baik yang dilakukan pada waktu tersebut, seperti doa dan istighfar. Kedua amalan ini sangat baik dilakukan pada waktu sahur tersebut, bahkan dijadikan salah satu ciri utama orang yang akan meraih kesuksesan dan kebahagiaan yang hakiki, dunia dan akhirat.

Hal ini sebagaimana dikemukakan dalam QS Ali Imran 17: “(Orang yang akan mendapat nikmat surga) adalah orang orang yang shabar, orang yang benar/jujur, orang yang taat, orang yang menginfakkan hartanya, dan orang yang memohon ampunan pada waktu sahur

Mari kita pergunakan waktu sahur yang sangat agung dan mulia  ini, di samping untuk makan sahur, berdoa berdzikir dan istighfar juga untuk melaksanakan shalat tahajjud dan ibadah-ibadah lainnya. Semoga keberkahan dari Allah SWT terlimpah dan tercurah pada kita semua. Wallahu ‘Alam bi Ash shawab

Sumber : https://umroh.com/blog/keutamaan-sahur-dan-dalilnya/http:// https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/14/07/02/n82h6s-keutamaan-sahur

Leave a Reply

Your email address will not be published.