Tips Isolasi Mandiri Covid-19

Tinggi nya kasus Covid – 19 membuat kapasitas rumah sakit di Indonesia hampir penuh. Untuk itu Kemenkes menyarankan agar pasien tanpa gejala atau bergejala rendah melakukan Isolasi Mandiri di rumah.

Saat sedang isolasi mandiri, jangan lupa untuk lapor ke puskesmas dan pastikan orang-orang di sekitar tahu agar bisa ikut memantau kondisi kesehatan Anda. Selain itu, laporkan perkembangan kondisi termasuk obat yang Anda konsumsi pada tenaga kesehatan ya!

Jangan melakukan pengobatan sendiri dan pastikan obat yang dikonsumsi berdasarkan resep dari dokter.

Berikut adalah beberapa hal yang harus di perhatikan saat isolasi mandiri agar tetap aman dan tidak menularkan kepada anggota keluarga lain di rumah.

Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan saat mengobati COVID-19 dengan isolasi mandiri di rumah:

  • Menghindari kontak dekat dengan orang lain.
  • Tidak pergi keluar rumah seperti ke tempat kerja, sekolah, atau tempat umum. Bekerjalah dari rumah.
  • Tidak pergi keluar rumah untuk membeli makanan atau obat-obatan. Bila perlu pesanlah melalui online atau telepon, atau minta seseorang membawakannya untuk Anda.
  • Jangan menerima tamu ke rumah Anda termasuk teman atau keluarga, kecuali orang-orang yang membawakan keperluan penting Anda.
  • Tidak pergi keluar rumah untuk berolahraga, tetapi berolahragalah di rumah atau di taman rumah.
  • Selalu gunakan masker dan pelindung wajah, khususnya bila bertemu orang lain (orang yang mengantarkan kebutuhan dasar Anda).
  • Hindari penggunaan alat makan, handuk, bantal, dan benda-benda lain secara bersamaan dengan orang lain. Segera cuci dengan sabun dan air mengalir.
  • Cuci tangan dengan sering sepanjang hari menggunakan sabun dan air hangat selama kurang lebih 20 detik. Penggunaan handsanitizer diperbolehkan bila tidak ada akses air dan sabun. Hindari menyentuh wajah, mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.
  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu ketika Anda batuk atau bersin, atau tutup dengan siku Anda. Buang tisu segera ke tempat sampah tertutup dan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Jangan lupa untuk mengeringkan tangan.

Selain melakukan cara isolasi mandiri COVID-19 di atas, terdapat beberapa hal yang dapat disiapkan di rumah untuk membantu pencegahan atau pemulihan dari COVID-19:

  • Obat-obatan untuk isolasi mandiri yang dapat dibeli bebas seperti untuk demam, batuk, pilek, dan lainnya.
  • Obat-obatan rutin yang memerlukan resep dokter, sebaiknya disediakan lebih.
  • Bahan makanan yang cukup untuk dua hingga empat minggu. Persiapkan perlahan dan hindari membeli terlalu banyak (panic buying).
  • Suplemen vitamin untuk isolasi mandiri yang membantu meningkatkan sistem imun serta melawan penyakit, salah satunya vitamin C. Suplemen vitamin C yang bisa menjadi pilihan Anda untuk menambah daya tahan tubuh adalah Joss C-1000, yang mengandung 1,000 mg vitamin C. Selain berperan sebagai antioksidan yang menambah daya tahan tubuh, vitamin C ini juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Larutkan 1 sachet Joss C-1000 dalam 300 ml air dingin (aduk jika perlu). Konsumsilah satu kali sehari.

Tetap menjaga protokol kesehatan dan sehat selalu ya
Biar tetap aman saat harus isoman di rumah, yuk ikuti beberapa tips ini!!!

Terus semangat untuk yang sedang isoman.. Semoga kembali sehat lagi sehingga bisa beraktifitas dan berkumpul bersama lagi🤲

sumber:
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3644016/tips-isolasi-mandiri-covid-19-siapkan-dan-lakukan-ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *