Lebih Baik Kurban 1 Kambing atau 1/7 Sapi??

Tinggal menghitung hari nih menuju idul adha. Nah adakah yang masih bingung mau kurban kambing atau sapi? Dan pasti bertanya tanya juga kira-kira lebih baik 1 kambing atau 1/7 sapi ya??

Salah satu penyebab banyak orang melakukan kurban secara patungan adalah masalah kondisi keuangan. Jika memang tak mampu untuk berkurban seekor perorangan, maka opsi untuk urunan tujuh orang mengurbankan satu sapi merupakan solusinya.

Namun, jika dilihat dari segi keutamaannya adalah

Imam As-Saerazi Asy-Syafi’i mengatakan, “Kambing (sendirian) lebih baik dari pada urunan sapi tujuh orang. Karena orang yang berkurban bisa menumpahkan darah (menyembelih) sendirian.” (Al Muhadzab 1:74).

Lalu jika dilihat dari segi jenisnya adalah

 Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah menyimpulkan,“Hewan kurban yang paling afdal adalah unta, lalu sapi ketika disembelih utuh, lalu domba, lalu kambing, lalu 1/7 unta, kemudian 1/7 sapi.” (Disebutkan dalam kitab beliau Ahkam Al-Udhiyyah)

Maka semua harus dikembalikan lagi sesuai dengan kondisi keuangan dan kemampuannya dalam membeli hewan kurban. Insya Allah segala niat baik kita untuk berkurban sudah tercatat di sisi Allah.

Wallahu’alam..

Semoga yang akan berkurban dilancarkan ya, dan yang belum bisa berkurban semoga tahun depan bisa berkurban… Aamiin

Sumber: https://zakat.or.id/kurban-kambing-atau-patungan-sapi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *